Selasa, 18 Juni 2019

Cara Menabung untuk Membeli Mobil yang Sesuai Budget

Cara Menabung untuk Membeli Mobil yang Sesuai Budget

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang banyak diminati banyak orang, tetapi memiliki harga yang cukup mahal. Banyaknya promo mobil baru akan sangat menggiurkan Anda untuk memilikinya. Meskipun harganya cukup mahal, mobil memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat transportasi lainnya seperti motor. Hal ini dikarenakan, mobil bisa mengangkut lebih banyak penumpang. Berikut adalah beberapa cara mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil pertama:

Menentukan budget
Yang pertama Anda harus memastikan uang muka yang sudah Anda miliki, setidaknya Anda miliki uang muka sekitar 20% dari harga mobil yang akan Anda beli. Apabila uang muka Anda kurang dari jumlah itu maka mobil yang Anda beli keluar dari budget yang Anda miliki. Dan jangan sampai ambil cicilan mobil yang lebih dari 4 tahun. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan cicilan selama kurang dari 4 tahun, maka mobil itu tidak sama dengan budget Anda.

Memilih mobil yang sesuai dengan budget
Cara selanjutnya yaitu, setelah Anda mengetahui budget Anda untuk membeli mobil, maka sekarang Anda hanya tinggal untuk memilih jenis mobil yang akan Anda pilih. Contohnya dari fitur keamanan dan juga biaya untuk perawatan. Namun, harus Anda ingat biaya untuk mobil tersebut bukan termasuk biaya perawatan, asuransi dan lain sebagainya.

Menentukan target
Setelah tahu dengan jenis mobil yang Anda pilih maka sebelum membeli mobil tersebut tentukan target waktu serta jumlah uang yang harus Anda tabung. Sebaiknya uang yang Anda tabung disetiap bulannya untuk digunakan sebagai uang muka yang jumlahnya kurang lebih hampir sama dengan target pada cicilan kepemilikan mobil. 

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk mempersiapkan tabungan ketika membeli mobil dengan jumlah yang ditargetkan tersebut, maka cicilan untuk tiap bulannya masih terlalu besar dari kebutuhan finansial yang Anda miliki.

Melakukan riset
Sembari menabung, Anda dapat memastikan lebih awal kualitas dari mobil yang sedang Anda incar. Caranya yaitu mencari rekomendasi tentang mobil tersebut pada keluarga, teman atau pun melalui internet. Dengan hal tersebut, maka akan sangat membantu Anda dalam memilih mobil yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam membeli mobil.

Cermat dalam membeli mobil
Untuk membeli mobil, ada kemungkinan mobil tersebut akan terasa nyaman seperti mobil keluaran terbaru. Tapi jika Anda memiliki keinginan untuk membeli mobil bekas, maka mintalah bantuan kepada orang yang paham betul dengan mobil serta percayakan untuk memeriksa keseluruhan pada bagian mobil yang ingin Anda beli.

Pastinya jangan sampai terlalu muluk saat menentukan budget serta mobil yang menjadi incaran Anda. Jangan sampai hanya dengan mobil impian Anda akan merusak keuangan Anda. Siapkan dengan cermat dan disiplin saat menabung dan perhatikan cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil akan membantu Anda dalam mewujudkan impian untuk membeli mobil pertama Anda.

Hitung Biaya Perawatan dan Service
Baik mobil baru atau pun bekas, tentunya membutuhkan perawatan rutin agar kondisinya tetap prima dan nyaman dipakai setiap harinya. Jangan sampai sobat membeli mobil yang hobi keluar masuk bengkel, karena akan menguras kantong setiap bulannya. 

Oleh karena itulah, sobat wajib memperhitungkan biaya perawatan mobil dan biaya perawatannya. Selain itu, sobat harus memilih merk mobil yang memiliki jaringan service merata, sehingga mempermudah perawatan apabila terjadi kerusakan dan penggantian komponen.

0 komentar:

Posting Komentar