Jumat, 23 Agustus 2019

Tips Memilih Busi Racing untuk Meningkatkan Performa Motor

Tips Memilih Busi Racing untuk Meningkatkan Performa Motor

Bagi kamu yang ingin meningkatkan performa motor menjadi lebih optimal saat berakselerasi, baik itu digunakan untuk balapan seperti drag bike ataupun road race, salah satu yang perlu dilakukan yaitu mengganti busi stkamurd dengan busi racing yang berkualitas. Selain memodifikasi motor dengan cara bore up, stroke up, porting and polish dan lain-lain, mengganti busi juga sangat berpengaruh untuk performa motor.

Busi merupakan salah satu bagian mesin yang tidak bisa diremehkan. Busi termasuk nyawa dari mesin dimana jika tidak berfungsi dengan baik maka ruang bakar akan terkena imbasnya pembakaran tidak berjalan sempurna dan kerja mesin pun tidak optimal. 

Oleh sebab itu, kamu juga harus jeli dalam memilih busi racing untuk motor kamu. Pastikan kamu membeli di tempat ataupun deler resmi sesuai dengan merek motor kamu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kamu dari penipuan, sebab tidak sedikit busi racing kualitas KW yang dijual ditempat - tempat tertentu.

Nah dalam artikel ini saya akan membahasa tentang tips memilih busi raci racing untuk meningkatkan performa motor kamu. Berikut ini ulasanya.

Ukuran busi
Pastikan ukuran busi terutama diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika busi yang dipilih tidak sesuai, kemungkinan besar busi akan longgar, overheat, dan terkena endapan karbon sehingga pengapian menjadi tidak sempurna bahkan bisa merusak piston.

Angka panas busi
Pastikan angka panas busi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan kamu. Apabila angka panas busi yang digunakan terlalu besar atau busi terlalu dingin. Akan berakibat pengendapan karbon pada busi kamu (carbon fouling). Tak hanya itu, apabila angka panas busi yang dipakai terlalu kecil atau busi terlalu panas, maka busi akan mengalami overheat dan mengakibatkan misfire (gagal pengapian).

Keaslian busi
Pastikan busi yang kamu beli adalah asli. Cara membedakan busi asli atau palsu yaitu dengan memastikan busi yang kamu beli terdapat kode nomor produksi, sedangkan busi palsu tidak terdapat kode nomor produksinya. Selain itu pada busi asli memiliki gasket (karet) yang sulit dilepas, sedangkan busi palsu memiliki gasket yang longgar. Dan juga, Pada busi asli memiliki metal shell lebih mengkilap karena diproses plating Cr3, sedangkan busi palsu warna metal shell agak buram dan mudah berkarat.

Apa Perbedaan Busi Racing dan Busi Stkamurt?
Perlu diketahui bahwasanya, busi racing dan busi stkamurt memiliki angka self-cleaner yang berbeda. busi racing bekerja pada range temperatur yang tinggi. hal tersebut tentu saja diperoleh pada putaran mesin yang tinggi. Pada rpm yang tinggi ini self-cleaner busi racing bekerja, jadi kalo rpm-nya rendah self-cleaner tidak jalan, businya akan berkerak, tenaga juga akan drop dan busi cepat mati.

Dalam pengapian, busi tidak bekerja sendiri. Terdapat komponen lain yang menunjang kinerjanya. Seperti pulser/sensor, CDI juga koil. Jika komponen-komponen yang lain saja masih stkamurt berarti api yang di umpan dari koil juga tidak ada peningkatan. Nah disini busi racing tidak bisa menerima perlakuan yang stkamurt, karena busi racing sendiri di desain para engineer-nya untuk kompetisi.

Busi racing bekerja pada termperatur yang tinggi. Untuk mencapai hal tersebut banyak cara yang bisa dilakukan. dari langkah pertama yaitu menaikkan kompresi. Bisa ditempuh dengan banyak cara, seperti dari over size, mengurangi packing atau mengurangi ketinggian ruang bakar.

Banyak macam dan merk busi racing dipasaran. harga busi racing ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan busi stkamur. Namun yang terpenting adalah, kamu harus benar - benar bisa membedakan antara busi racing dan busi stkamur saat memutuskan untuk membelinya.

0 komentar:

Posting Komentar