Jumat, 04 Oktober 2019

Tips Memilih Kamera Sesuai dengan Kebutuhan Bagi Pemula

Sony a7r iv

Seiring berjalanya waktu perkembangan kamera digital semakin canggih, yang pastinya sangat mendukung para fotografer untuk menghasilkan kualitas foto yang sempurna. Salah satu kamera keluaran terbaru dengan spesifikasi dan fitur memukau yaitu Sony a7r iv yang bisa kamu beli melalui marketplace blibli.com.

Fotografi sudah menjadi semacam hobi yang kian menjamur. Terlebih dengan berkembangnya media sosial, semakin banyak orang yang mencoba lebih mendalami hobi  ini atau hanya sekadar suka mengabadikan setiap kegiatan mereka. Meski kebanyakan handphone sekarang ssudah dilengkapi dengan kamera mumpuni, tapi sebenarnya kualitasnya masih kalah dibanding kamera terdedikasi.

Namun perlu diingat jikalau membeli kamera adalah keputusan besar. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera pertama Kamu. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah kamera.

Pilih Kamera Sesuai Kebutuhan
pikirkan dalam konteks apa Kamu akan menggunakan kamera. Kamera yang bagus untuk potret studio tidak akan menjadi kamera yang bagus untuk melakukan perjalanan hiking atau backpacking.

Jika Kamu berencana bepergian dengan kamera atau memotret di luar ruangan, beli kamera yang tidak akan membuat bangkrut untuk reparasinya. Actioncam pilihan bagus untuk kegiatan foto ektrim di luar ruangan. Sementara jika Kamu berencana untuk memotret hanya foto dalam ruangan berkualitas tinggi, pilihlah DSLR yang mahal atau mirorless.

Pertimbangkan juga seberapa sering Kamu akan menggunakan kamera. Kamera terbaik untuk Kamu akan bervariasi berdasarkan apakah Kamu akan menggunakan kamera tersebut setiap hari, bulanan, atau hanya beberapa kali setiap tahun. Semakin banyak Kamu menggunakannya, semakin masuk akal untuk berinvestasi sedikit lebih banyak.

Tentukan Budgetnya
Ketika kamu ssudah tau kebutuhan kamu apa, saatnya kamu menyesuaikannya dengan budget kamu. Tapi inget, jangan habiskan budget kamu hanya untuk kamera. kamu musti menyediakan budget untuk lensa dan aksesoris lainnya.

Supaya tidak salah dalam memilih kamera, pastikan kamu realistis dengan budget yang kamu punya! kamu punya budget kecil tapi ingin membeli kamera DSLR terbaru yang berkualitas, maka kumpulin dulu duitnya, baru beli kamera. Namun bila kebutuhan kamera ssudah sangat mendesak, maka kamu bisa menentukan pilihan berdasarkan budget yang kamu punya. cari yang harganya sedikit di bawah budget ya! Karena selain membeli kamera, kamu harus menyiapkan uang untuk membeli aksesoris lainnya.

Cari Info Seputar Kamera di Internet
Budayakan googling sebelum bertanya. informasi tentang kamera yang kamu incer belum cukup kamu dapet, kamu bisa mencari informasi yang lebih banyak dan bervariasi dari internet, Banyak kok situs dalam negeri dan luar negeri yang mengulas tentang berbagai jenis kamera, mulai dari fungsi, spesifikasi dan harga. 

Nah, setelah kamu tau kebutuhan kamu dan menyesuaikan dengan budget kamu, carilah beberapa opsi kamera yang akan kamu beli. Pastikan Lebih dari dua, untuk jaga-jaga aja.

Minta Rekomendasi Teman Yang Mengerti Soal Kamera
Sekarang sudah banyak banget forum-forum dan group di facebook yang khusus membahas soal fotografi. Ketika kamu newbie di dunia fotografi, jangan ragu untuk join di forum atau grup-grup tersebut. 

Biasanya di forum-forum tersebut banyak fotografer yang memang sudah pengalaman, tidak hanya paham teknik untuk menghasilkan foto yang ciamik, biasanya mereka tau kamera mana yang bagus ketika kamu bertanya dan menjelaskan kebutuhan kamu apa dan budget kamu berapa. 

Jangan malu buat nanya. Ketika kamu punya teman yang expert di bidang fotografi, jangan sungkan untuk mencuri ilmu dan bertanya seputar kamera dan minta rekomendasi kamera yang cocok buat kamu.

0 komentar:

Posting Komentar