Kamis, 14 November 2019

Cara Tepat Mencuci Pakaian Bayi

Cara Tepat Mencuci Pakaian Bayi

Pakaian yang bersih, harum dan lembut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Untuk memastikan pakaian bayi tetap bersih, harum dan lembut diperlukan deterjen khusus. Pada dasarnya, deterjen biasa dapat digunakan untuk mencuci pakaian bayi. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam menentukan pilihan deterjen untuk pakaian bayi Anda.

Bayi dengan kondisi kulit sensitif dan memiliki riwayat alergi pewangi pakaian cenderung tidak cocok menggunakan pakaian yang dicuci dengn deterjen biasa. Untuk bayi dengan kulit sensitif, Anda dapat memilih deterjen pakaian bayi khusus kulit sensitif. Sedangkan, untuk bayi dengan riwayat alergi, pastikan bahwa deterjen yang Anda pilih bebas dari pewangi sintetis.

Langkah-Langkah Mencuci Pakaian Bayi

Memastikan kebersihan pakaian bayi bukan cuma perkara memilih deterjen yang sesuai. Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah mencuci pakaian bayi yang tepat. Jika dicuci secara sembarangan, bukan tidak mungkin deterjen pakaian bayi yang digunakan akan terbuang sia-sia. Selain itu pakaian juga akan cepat rusak dan tidak nyaman lagi dipakai.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam mencuci pakaian bayi. 

Tahapannya sebagai berikut:
  1. Baju yang terkenan noda kotoran dan baju yang kotor hanya karena pemakaian norma harus dipisahkan terlebih dahulu. Pemisahan ini guna menghindari noda kotoran tersebut tidak mengenai pakaian yang lainnya.
  2. Rendam pakaian kotor terlebih dahulu dengan air panas dengan durasi 10 sampai 15 menit. Perendaman pakaian di air panas akan membuat kotoran lebih mudah dibersihkan.
  3. Jangan tambahkan lagi pewangi atau pelembut pakaian selama proses pencucian berlangsung. Kandungan bahan kimia pada pewangi dan pelembut dapat memicu iritasi pada kulit bayi. Anda dapat menambahakan deterjen khusus pakaian bayi. Deterjen pakaian bayi aman untuk digunakan karena pada umumnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
  4. Keringkan pakaian yang telah dicuci dengan memanfaatkan sinar matahari langung. Penggunaan sinar matahari dapat menghambat tumbuhnya jamur dan bakteri yang tertinggal pada pakaian bayi. Pakaian juga tidak akan menjadi lembap jika dijemur langsung di bawah sinar matahari.
Itulah langkah-langkah mencuci pakaian yang tepat. Mudah bukan? Selamat mencoba ya, semoga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan si buah hati. 

0 komentar:

Posting Komentar