Jumat, 06 Desember 2019

Tips Perawatan dan Pemeliharaan Genset Pabrik

Pemeliharaan Genset Pabrik

Genset merupakan peralatan yang memiliki peran penting dalam back up listrik ketika PLN melakukan pemadaman listrik secara otomatis. Selain perusahaan dan industri, perumahan juga membutuhkan generator pada waktu-waktu tertentu.

Terkadang pihak PLN langsung memadamkan listrik tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini tentu saja akan merugikan terutama perusahaan-perusahaan yang bergantung dengan sumber aliran listrik ini. Oleh karena itu, genset menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan suplai listrik ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. 

Proses Perawatan dan Pemeliharaan Genset

Seperti yang kita ketahui bahwa genset yang biasanya digunakan adalah genset dengan bahan bakar solar. Daya tahan dari mesin solar memang tergolong tinggi. Oleh karena itu, harus dilakukan commisioning genset dan membutuhkan pemeliharaan secara teratur.

Pemeliharaan yang dibutuhkan hanya meliputi beberapa hal, diantaranya pamanasan mesin, pemeriksaan secara umum, pemeliharaan pada sistem pendingin, pemeliharaan pada sistem pelumasan, pemeliharaan pada bahan bakar, dan pemeliharaan pada aki starting. Anda juga dapat berkonsultasi dengan supplier genset untuk mengetahui cara dan menentukan jadwal pemeriksaan genset dan pemeliharaan yang tepat. 

1. Pengecekan secara umum
Saat generator sedang menyala, maka operator perlu waspada terhadap permasalahan mekanik yang membahayakan. Beberapa bagian pada generator yang perlu untuk dilakukan pemeriksaan untuk menjaga sistem operasi yang handal dan aman diantaranya sistem pembuangan, sistem listrik DC atau aki, sistem bahan bakar, mesin dan juga sistem kontrol.

2. Perawatan Sistem Pelumasan
Ini adalah tahap selanjutnya dalam pemeriksaan genset. Anda dapat melakukan pemeriksaan oli pada mesin pada saat mesin genset dimatikan dalam interval yang sudah ditentukan. Berdasarkan pembacaan secara akurat di dipstick mesin sendiri, Anda dapat mematikan mesin genset lalu menunggu  hingga 10 menit. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan agar oli pada bagian mesin atas mengalir lagi menuju bak mesin. Dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak boleh mencampurkan oli Anda dengan menggunakan merek yang lain. 

Nah, untuk pemeriksaan genset dan perawatannya, silahkan hubungi tim dari Sewatama. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai perawatan genset, load bank, kebutuhan-kebutuhan lainnya terkait dengan genset, Anda bisa mengunjungi situs https://sewatama.com/id/

0 komentar:

Posting Komentar